Beberapa Cara Pencegahan Stunting

Stunting

Stunting mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, stunting adalah gangguan tumbuh kembang pada anak yang disebabkan kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimuasi yang tidak memadai. Di Indonesia sendiri telah banyak perubahan terhadap jumblah pendiri stunting dan menurut hasil Riskesdas 2018 terus mengalami penurunan. Tapi jangan terlalu senang dulu dengan penurunan lagi karena masih banyak orang-orang yang tidak mngetahui apa itu stanting sendiri, dan apa yang akan terjadi pada saat stunting pada anaknya. Dan Stunting sendiri bisa dicegah agar tidak terjadi pada anak-anak berikut ini bebera cara pencegahan stunting pada anak-anak.

1. Terpenuhinya Kebutuhan Gizi Sejak Hamil
Tindakan awal ini bisa dikatakan cukup ampuh untuk mencegah stunting pada anak yang dimana selalu memenuhi gizi dari masa kehamilan. Sebuah Lembaga Millenium Chalange Account Indonesia menyarankan aga BUMIL selalu memakan makanan sehat dan bergizi atau suplemen dari anjuran dokter. Dan untuk saran bagi yang sedang mengandung selalu memeriksa perkembangan kehamilan dan kesehatan nya.

2. Asi Yang Eksklusif Hingga Bayi 6 Bulan
Menurut ahli nutrisi mengatakan Memberikan asi juga ternyata bisa mengurangi stanting pada anak berkat dalam kandungan asi terdapat gizi mikro dan makro, dan sebaiknya ibu tatap memberikan ekslusif asi nya seama ena bulan kepada anaknya. Memang dimana asi ibu pun mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi karena dalam asi ibu terdapat protein whey kolostrum yang bisa melindungi bayi yang terbilang rentang. 

3. Dampingi Asi Ekslusif Degan MPASI sehat.
Kata MPASI memang terdengar sangat asing didengar, MPASI merupakan makanan pendamping asi MP-ASI dimana mpasi diberikan pada saat bayi sudah menginjak usia enam bulan lebih, dan pastikan makanan yang dipilih bisa memenuhi gizi yang bagus dan bisa mendampingi gizi dari asi untuk menjaga dan mencegah dari stunting. Jadi kaian bisa menambahkan nutirisi pada makanan nya, dan ibu juga jangan asal pilh produk makanan kalian harus berhati-hati untuk memiih produk yang untuk tambahan makanan, dan jika kalian bingung kalian bisa berkonsultasi pada dokter.

4. Pantau Pertumbuhan Anak
Kalian para orang tua harus memperhatikan pertumbuhan anak kalian, mau secara sifat mereka tinggi mereka, berat badan mereka kalian harus peduli pada pertumbuhan sang buah hati kalian, dengan cara mudah saja bawa anak kalian ke posyandu atau klinik khusus anak secara berkala dan memang harus disempatkan untuk pengecekan. Dengan begitu kalian bisa lebih mudah mengetahui gejala awal gangguan dan kalian bisa setidaknya mencegah hal itu terjadi dan kalian sebagai orang tua harus tau bagaimana penanganannya dan memang apasaja yang harus dilakukan.

5. Jagalah Kebersihan Lingkungan 
Seperti kita ketahui, anak anak sangat rentang terkena penyakit, karena mereka sangat sensitif jadi lingkungan pun kotor mereka akan mudah jatuh sakit. Dan faktor ini juga yang bisa membuat sunting, yang dimana jika lingkungan kotor pada saat anak kecil bermain akan memegang ini dan itu dan kadang mereka, mengemut tangan mereka saat bersamaan diama itu kotor, dan bisa menyebabkan diare dimana menurut studi diare murupakan faktor ke tiga yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jadi jika tidak ingin ini terjadi kalian harus jaga kebersihan lingkungan si buah hati kalian.

Mungkin tadi beberapa dari banyak yang bisa kita lakukan untuk pencegahan supaya anak buah hati kita terhindar dari Stunting.
Beberapa Cara Pencegahan Stunting Beberapa Cara Pencegahan Stunting Reviewed by Erna Wati on June 29, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.