Dago Village Bandung: Perumahan Elit Yang Lagi Naik Daun!

Dago Village
Foto: 99.co Indonesia

Warga Bandung dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan kawasan Dago. Salah satu ikon kota Bandung ini bisa dibilang adalah kawasan paling elit untuk perumahan. Nah, ada satu komplek hunian mewah yang belakangan ini sering kali dibicarakan: Dago Village Bandung!

Ya, Dago Village Bandung ini merupakan salah satu perumahan yang paling eksklusif. Dari segi lokasi saja, jelas perumahan Bandung ini menjadi incaran investor dan kalangan menengah ke atas yang melek dunia properti.

Merupakan hasil kerja sama pengembang Purnamaland dan LCDevelopment, Dago Village Bandung ini adalah komplek hunian elit yang terintegerasi dengan kawasan wisata terpadu. Suasana dan kondisi alam yang masih natural, sejuk, dan asri khas dataran tinggi dijual di sini.

Konsep rumah elit di lingkungan asri memang merupakan nilai jualnya yang paling tinggi. Dengan gaya butik, Dago Village Bandung ini punya luas kawasan total 10 Hektare dan hanya 33 unit hunian saja. Super eksklusif, bukan?

Selain komplek rumah mewah, Dago Village Bandung juga memiliki komplek resort hotel dan villa serta botanical cottage. Sebagai kawasan hunian dan wisata terpadu ini, Dago Village yang punya suasana resort mewah justru banyak mengapdosi unsur kearifan lokal.
Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal tersebut? Setidaknya ada tiga konsep yang digunakan dalam komplek Dago Village Bandung ini. Yang pertama adalah adaptasi rumah tradisional Sunda, lalu konsep rumah tanpa batas, dan desainnya yang menyatu dengan alam.

Kearifan Lokal Yang Diterapkan di Dago Village Bandung

Bandung Dago Village
Foto: 99.co Indonesia

Meniru rumah tradisional Sunda yang berbentuk panggung, Dago Village Bandung menawarkan solusi inovatif dengan membangun rumah di atas tanah miring. Dengan demikian, konstruksi rumah menjadi lebih kuat dan ringan, sebab itu juga disebut dengan “flying house” atau rumah melayang.

Bentuk rumah seperti ini, rumah panggung, memungkinkan tanah di bawah bangunan dapat menyerap air secara optimal, sehingga daya resapan air di kawasan perumahan tidak akan mengalami masalah.

Lalu, ada lagi konsep rumah tanpa batas yang diterapkan di Dago Village Bandung ini. Setiap unit rumah di Dago Village Bandung memiliki bukaan jendela yang sangat lebar sehingga menghilangkan batas antara dalam dan luar ruangan.

Ini juga yang membuat Anda sebagai penghuni merasa “tinggal di alam bebas”. Konsep di Dago Village Bandung ini membawa pemandangan asri pegunungan masuk ke dalam rumah Anda. Memang, desain rumah Dago Village Bandung ini juga menyatu dengan alam.

Desain rumah dan villa Dago Pakar di Dago Village didominasi oleh garis-garis horizontal yang tampil bersenyawa dengan garis­garis horisontal kontur tanah. Arsitek juga merancang semua ruangan agar fungsinya dapat diperoleh secara maksimal.

Fasilitas dan Unit Rumah Dago Village Bandung
Sebagai sebuah kawasan hunian dan wisata terpadu dengan suasana resort mewah yang mengadopsi berbagai unsur kearifan lokal, Dago Village Bandung ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas elegan yang siap menghadirkan kenyamanan dan memanjakan penghuninya. 

Terletak di kawasan premium dengan udara yang masih bersih dan sejuk dengan karakter lahan berkontur dan berbukit, berikut berbagai fasilitas tersebut premium Dago Village Bandung:

Resort hotel and villas
Botanical cottages
Destination spa
Infinity swimming pool
Fine dining restaurant
Exotic wedding chapel
Jogging track
Downhill bike track

Kontur lahan asli yang sangat dinamis telah menginspirasi tim arsitek Dago Village untuk merancang karakter bangunan yang kuat yang memungkinkan kita menikmati keindahan alam lingkungan yang menakjubkan.

Terdapat 3 tipe unit yang ditawarkan di Dago Village ini, masing-masing memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dari rumah-rumah lain. Berikut penjelasan ketiga tipe rumah Dago Village Bandung:

Villa Verde
Villa Verde merupakan tipe rumah dengan karakter lahan kavling yang menaik. Kavling tipe up slope berada lebih tinggi dari jalan utama dengan kemiringan lahan yang lebih tinggi lagi di belakang. Dengan demikian, rumah bisa memiliki dua lantai.

Villa Verde Dago Village Bandung ini cocok untuk Anda yang menyukai konsep arsitektur mainstream namun menginginkan sentuhan suasana resort yang kuat namun tidak mencolok.

Villa Vista
Yang kedua, Villa Vista, punya karakter tanah kavling yang menurun. Tipe downslope ini semakin rendah ke arah belakang sehingga posisi kavling dan garasi sejajar dengan jalan utama.

Posisi bangunan utamanya dan ruangan service area berada di bawah lantai akses masuknya, dengan taman menurun di belakang rumah. Tipe Villa Vista memiliki karakter arsitektural yang eksotis dengan konsep bangunan ‘flying villa’ yang menantang. 

Villa Verna
Yang terakhir, Villa Verna, memiliki pemandangan terbaik ke arah kota Bandung dengan lahan berkontur khas kawasan Dago Pakar yang masih alami. Rumah ini menghadirkan sebuah konsep arsitektur bangunan super eksotis dan berbeda. 

Tak hanya eksklusif karena arsitektur dan jumlah unitnya yang sangat terbatas, yang menarik dari Dago Village Bandung adalah kawasan ini termasuk ke dalam kawasan konservasi. Ini artinya, ekosistem dan lingkungan perumahan menjadi perhatian Pemprov Jawa Barat.

Menarik sekali, bukan? Tidak heran jika perumahan mewah yang satu ini sedang banyak sekali dibicarakan akhir-akhir ini. Dago Village Bandung memang menawarkan konsep hunian mewah yang biasanya orang cari ketika ingin lari dari hiruk pikuk kota.
Dago Village Bandung: Perumahan Elit Yang Lagi Naik Daun! Dago Village Bandung: Perumahan Elit Yang Lagi Naik Daun!   Reviewed by Erna Wati on February 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.