Waspadai gejala umum roseola infantum

Bayi


Roseola infantum  adalah penyakit infeksi yang umum terjadi pada bayi dan balita . gejala yang terjadi adalah demam tinggi yang disertai dengan ruam pada kulit setelah demam turun .dilansir dari halodoc gejala yang ditimbulkan roseola infantum sering bersifat umum sehingga kerap tidak terdeteksi . namun , roseola infantum   bisa dikenali dengan tanda atau gejala utamanya yaitu seperti demam tinggi dan ruam kulit . ruam kulit ini berwarna merah muda dan biasanya terasa gatal dan ruam yang paling sering muncul pada punggung , perut atau dada serta bisa juga menyebar ke kali dan wajah , namun ada pula gejala roseola infantum   selain dari demam dan ruam , anak yang menderita terkena roseola infantum juga mengalami gejala seperti batuk , pilek , sakit tenggorokan , tidak nafsu makan , diare ringan , kelopak membengkak dan pembengkakan yang baisanya terjadi pada leher . 

Bahkan beberapa kasus roseola infantum   bisa menyebabkan seorang bayi mengalami kejang saat demam namun kasus roseola infantum   ini hanya sedikit bahkan sangat jarang terjadi . biasanya bayi yang sudah menderita roseola infantum   bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu satu minggu dan ibu akan dianjurkan untuk membawa bayi tersebut ke dokter apabila sudah mengalami gejala seperti ruam kulit yang tidak menghilang walaupun setelah 3 hari demam turun dan demam tinggi disertai kejang . 

Infeksi virus umum pada anak anak yang dapat menyebabkan demam tinggi dengan disertai ruam . roseola infantum  merupakan infeksi ringan umum yang disebabkan oeh dua jenis virus herpes . keadaan umum ini akan mempengaruhi anak anak pada usia dua tahun dan terkadang mempengaruhi orang dewasa. Tetapi apabila anak anda berdekatan dengan seseorang yang terinfeksi oleh virus roseola , umumnya butuh waktu 1 atau 2 minggu hingga tanda tanda dan gejala infeksi akan muncul pada anak. Tidak menutup kemungkinan bahwa anak telah terinfeksi kondisi ini meski tidak ada satupun tanda atau gejala yang mungkinakan disadari . dilansir dari hellosehat beberapa tanda atau gejala penyakit roseola infantum , antara lain :

1. Ruam 
Dalam beberapa kondisi penyakit roseola infantum  Akan terdapat pola cincin putih disekitar bintik bintik . ruam umumnya muncul di dada , punggung dan perut yang kemudian menyebar sampai leher serta lengan . memang setelah demam menurun , ruam biasanya akan muncul dan ruam terdiri dari banyak bintik kecil berwarna merah muda dan menyebar secara merata ke seluruh bagian dan beberapa bintik mungkin akan membengkak . ruam mungkin saja mencapai kaki dan wajah , ruam yang tidak gatal dan tidak nyaman dapat berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari sebelum menghilang dan juga hal yang perlu diketahui bahwa tidak semua anak pasti akan mengalami ruam . 

2. Demam 
Dalam kondisi ini anak mungkin juga akan mengalami radang tenggorokan ringan , pilek serta batuk yang akan muncul besamaan setelah demam . anak mungkin juga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening dilehernya yang juga dibarengi dengan demam . biasanya demam akan berlangsung selama 3-5 hari .dan juga disertai dengan awal demam tinggi sampai suhu penderita umumnya mencapai lebih dari 39,4 C.

3. Gangguan pernapasan 
Biasanya kemungkinan anak mengalami gangguan pernapasan ringan sebelum atau bersamaan dengan kemunculan demam tanda dan gejala yang muncul lain adalah batuk , diare , rewel , kehilangan nafsu makan , pilek , sakit atau radang tenggorokan , dan lain lain . 

Sumber gambar : grid.id
Waspadai gejala umum roseola infantum  Waspadai gejala umum roseola infantum  Reviewed by Erna Wati on January 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.