Upacara Perayaan 17 Agustus Unik Di Tahun 2019

Semarak hari kemerdekaan semakin terasa di penjuru pelosok Tanah Air untuk menyambut 17 Agustus 2019. Berbagai kegiatan sudah dipersiapkan. Mulai dari Upacara Bendera Merah Putih di Istana Negara, di sekolah-sekolah sampai di pusat pemerintahan.

Namun upacara bendara bukan hanya dilakukan di lapangan terbuka seperti yang sudah-sudah. Di beberapa kota pengibaran bendera merah putih dilakukan secara unik dan spesial.

Penasaran seberapa unik upacara 17 Agustus ini dilakukan? Berikut ini rangkumannya:

Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut


Ada yang berbeda saat upacara 17 Agustus di Kota Sibolga, Sumatera Utara, yakni melakukan upacara pengibaran merah putih di dasar laut perairan Pulau Pulau Poncan Gadang.

Pengibaran merah putih dilakukan oleh gabungan komunitas menjaga pantai barat (Komantab). Kordinator Komantab, Maecenas Adhara Donnya menjelaskan pengibaran bendera bukan hanya dilakukan di dasar laut perairan Pulau Poncan Gadang saja, tapi bendera merah putih akan dikibarkan di Banker Jepang di bukit Poncan.

"Kali ini kita kibarkan dari dasar laut perairan Pulau Poncan Gadang. Pengibaran di Bungker akan menjadi sesuatu yang menarik pada tahun ini," kata Kordinator Komantab, Maecenas Adhara Donnya.

Upacara di Gunung


Bukan hanya di dasar luat, bendera merah putih akan berkibar di Gunung Semeru, Jawa Timur. Kepala Resort Ranupani Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Susion mengatakan upacara bendera akan difokuskan dua titik.

"Ada dua titik yang digunakan untuk kegiatan upacara bendera pada 17 Agustus 2019 yakni di Ranu Kumbolo dan Kalimati, sehingga para pendaki bisa mengikuti upacara bersama petugas di dua lokasi tersebut," kata Susion seperti dilansir Antara.

Kibarkan Merah Putih di Atas Sungai Kapuas


Kemudian merah putih juga akan berkibar di atas sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Pengibaran merah putih dilakukan di atas kapal Tongkang, yang akan berlayar di sungai Kapuas. Acara pengibaran bendera akan dimulai dari jam 06.00 WITA sampai selesai.

Tidak hanya pengibaran merah putih, untuk memeriahkan 17 Agustus akan disuguhkan beberapa hiburan seperti pertunjukan seni dan budaya dan acara menarik lainnya.

Upacara di Pulau Reklamasi

Jakarta tidak ketinggalan, Pemprov DKI Jakarta memiliki lokasi berbeda dari sebelumnya untuk memperingati HUT ke 74 RI. Upacara sedianya di lapangan IRTI Monas, berpindah ke pulau reklamasi Pantai Maju Bersama di Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memiliki alasan tersendiri menjadi pulau reklamasi sebagai lokasi upacara HUT RI. Karena selama ini, Anies melihat pulau reklamasi bak ruangan privat milik sekelompok orang tertentu. Dia ingin menghilangkan kesan itu.

"Untuk menyimbolkan dari kepemilikan ini adalah milik negara, bukan milik pribadi, maka kita menyelenggarakan upacara di sana sebagai simbol bahwa itu Tanah Kita, itu air kita. Jadi ini adalah sebuah pesan tidak ada wilayah eksklusif, tertutup, ini adalah milik kami, milik Republik Indonesia," jelas Anies.

Rencananya, lebih kurang 4.000 PNS di lingkungan Balai Kota DKI dan perwakilan dinas akan diboyong ke pulau reklamasi menggunakan 75 bus.

"Kita akan fasilitasi bus Jakarta sekitar 75 bus dengan 12 keberangkatan," Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi.
Upacara Perayaan 17 Agustus Unik Di Tahun 2019 Upacara Perayaan 17 Agustus Unik Di Tahun 2019 Reviewed by Erna Wati on August 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.