Start Up Goola Dapat Suntikan Dana Besar

Goola Anak Presiden

Sebuah Startup Goola, usaha paling baru Gibran Rakabuming, dapat suntikan modal sejumlah US$ 5 juta atau sama dengan Rp 71 miliar. Dana itu datang dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Suntikan dana itu memunculkan masalah di sosial media. Banyak yang berpandangan sinis berkaitan suntikan modal itu. Lantas bagaimana ceritanya anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bisa suntikan modal sebesar itu?

CEO Goola yang mitra Gibran, Kevin Susanto bercerita, semuanya berawal waktu mereka mengadakan acara kebangkitan minuman asli Indonesia pada 5 Juli tempo hari. Pada saat itu, Goola mulai buka outlet di Pacific Place serta Plaza Indonesia.

"Jadi awalannya itu jadi FnB kita mimpilah untuk bisa modal suntikan ala Kopi Masa lalu. Jadi di satu bagian sesudah tanggal 5 Juni membuat acara kebangkitan minuman asli Indonesia yang di PP serta PI," terangnya pada detikFinance, Kamis (22/8/2019).

Waktu itu menurut Kevin banyak warga yang tertarik dengan acara itu serta baru sadar jika Indonesia punyai produk minuman yang tidak kalah dengan merek minuman tradisionil dari negara lain, seperti minuman bubble atau thai tea.

Nah tidak lama sesudah acara itu, ada satu faksi yang malas disebut identitasnya, memberi tahu Alpha JWC Ventures berkaitan peluncuran Goola.

"Jadi saat itu nyatanya a lot of people attraction, langsung semua langsung aware. Oh minuman Indonesia nyatanya bagus juga. Terus jadi ada orang yang kenalin, 'eh ini Goola up sizing, Alpha JWC kalian interested tidak?'," terangnya.

Alpha JWC sendiri awalnya pernah menyuntikkan modal ke usaha minuman punya anak Indonesia, Kopi Masa lalu. Besaran modal yang disuntikkan seputar US$ 8 juta.

"Terus pada akhirnya di-setup-lah meeting. Jadi kurang lebih sesudah 1 1/2 minggu langsung deal, langsung set semua," kata Kevin.

Tetapi nyatanya yang tertarik untuk menyuntikkan modal ke Goola tidak cuma satu modal ventura. Beberapa ada yang tertarik, tetapi ia malas mengatakan identitasnya.


"Tidak hanya Alpha, ada modal ventura lain yang nawarin, tetapi saya enak ucapnya. Ada 3-4 modal ventura yang nawarin tetapi kita pilihnya Alpha," katanya.

Gibran serta Kevin putuskan untuk pilih Alpha JWC karena lihat rekam jejaknya dalam menyuntikkan modal ke startup minuman. Alpha JWC telah dapat dibuktikan awalnya menyuntikkan modal ke Kopi Masa lalu.

"Sebab kita lihat Alpha dapat hands on lah, tujuannya telah ada bukti di Kopi Masa lalu, telah ada bukti lah. Jadi finally kita, mas Gibran serta saya, settle jika kita go with Apha JWC," tutupnya.

Goola sendiri adalah usaha kios minuman dengan beberapa produk tradisionil. Misalnya seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, serta Es Goola Aren. Goola sekarang mempunyai 22 menu minuman yang terdiri dari empat seri, yakni Signature (produk favorit), Tea (teh), Coffee (kopi), serta Refreshing (minuman fresh).

Walau jual minuman tradisionil, Goola sebetulnya membidik market share kelas menengah dengan ada di sejumlah mal terkenal di Jakarta. Permodalan yang didapatkan akan dipakai untuk meningkatkan 160 outlet sampai 2020.

Simak juga: Ada yang Nyinyir Goola Bisa Suntikan Modal Jumbo, Apa Kata Gibran? Baca Video "Usaha Minuman Berkembang, Gibran Membuka 4 Gerai 'Goola' Baru " [Gambas:Video 20detik] (das/ang) gibran rakabuming goola anak presiden usaha anak presiden startup alpha jwc ventures
Start Up Goola Dapat Suntikan Dana Besar Start Up Goola Dapat Suntikan Dana Besar Reviewed by Erna Wati on August 21, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.